Senin, 27 Juli 2009

CHATTING





CHATTING

Komunikasi merupakan hal paling mendasar bagi manusia. Karena itu manusia akan mencari banyak teman untuk saling bertukar pendapat sharing, dan lain sebagainya. Untuk menjalin komunikasi dengan teman yang tempatnya jauh, kita dapat mengunakan surat atau telpon. DEngan telpon, seseorang dapat melakukan komunikasi dengan teman diwilayah lain. bahkan di Negara lain. telpon pun telah berkembang dengan demikiaan pesat. kini kita sudah tidak menggunakan telpon ditempat, Namun kini dapat dibawa kemana - mana dan dikenal dengan telpon seluler, TElepon demikian memanfaatkan teknologi Global System For Mobile Communication (GSM) dan Code Devision Multiple Access (CDMA).

Semakin majunya dunia komputer saat ini telah menambah dunia komunikasi pula . Dengan menggunakan teknologi internet, seseorang dapat melakukan komunikasi dengan orang lain. Banyak fasilitas internet yang disediakan untuk berkomunikasi, misalnya surat elektronik (e-mail), maillinglist, forum, Internet Relay Chat (IRC), Voice Over Internet Protocol (VoIP), dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa kegunaan chatting bagi pribadi maupun individu

Bagi Pribadi :
  1. Sarana untuk mencari kawan
  2. Tempat berkumpulnya orang yang memiiki kegemaran sama
  3. Menghemat biaya dengan menngunakan VoIP
Bagi Perusahaan :
  1. Dapat digunakan untuk teleconference
  2. Cerfungsi sebagai wadah tukar pikiran dan sharing pendapat secara interaktif
  3. Menghemat biaya perusahaan
  4. Tidak membutuhkan ruangan untukbertemu
Chatting dibagi 2 macam yaitu : Berupa Teks dan suara. Contoh Chatting berbasiskan texs adalah mIRC, yahoo messenger dan ICQ dimana interaksi berbasis teks. Pengguna hanya mengetikkan teks pada program yang tersedia dan mengirimkannya pada lawan bicara. Sebaliknya Chatting berupa suara dapat disebut VoIP contohnya Skpye, Yahoo Massenger with voice dan Google talk. VoIP membutuhkan sebuah aplikasi yang disebut Instant Messaging (IM) dan memiliki akses internet, maka percakapan jarak jauh dapat dilakukan. VoIP Dapat diimplementasikan pada jaringan internet manapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar