Selasa, 07 Juli 2009

SEJARAH INTERNET


Pada mulanya, internet berasal dari impian J.C.R. Licklider (1915-1990) seorang psikolog dimassachusetts Institute of Tecnology, tentang sebuah Galatic Networks diawal tahun 1960 an. Kemudian, ketika licklider bekerja di Advanced Research Project Agency (ARPA) DiPentagon, Lawrence G. Robert mencoba mewujudkan impiannya.

Meskipun pertemuan antara LIcklider dan Robert terjadi tahun 1964, Robert baru benar - benar konsentrasi untuk mengembangkan imternet mulai Desember 1966. Kemudian, Robert mulai menguraikan rencana jaringannya dalam konfrensi - konfrensi para peneliti. Akhirnya internet dikembangkan dalam suatu penelitian militer Amerika Serikat yang disebut Advanced Research Project Agency Network (ARPANet). APRPANet menghubungkan pusat penelitian departemen pertahanan dengan pusat - pusat penelitian di Universitas - universitas di Amerika Serikat. Tujuhannya adalah menghadapi kemungkinan terjadinya serangan nuklir karena sifat jaringan internet tidak mudah dilumpuhkan hanya dengan merusak titik pusat layanan. Apabila satu titik diserang, maka sistem jaringan tetap dapat berfungsi. Internet memiliki protokol dan sistem pencari rute - rute alternatif untuk mengalirkan data dan Informasi.

Sejarah internet telah menempuh waktu yang panjang. Umumnya, orang hanya melihat pada tahun 1070 - an saat terjadi perkembangan teknologi informasi yang sangat menakjubkan. Peristiwanya terbentuknya konvergensi antar teknologi komputer dan telekomunikasi, lalu lahirlah sebuah teknologi baru yang sangat dasyat, yaitu internet

Di Indonesia, jaringan internet mulai dikembangkan pada tahun 1930 di Universitas Indonesia berupa UINet oleh Dr. Joseph F.P. Luhukay. ketika itu ia baru menamatkan program Doktor Filosofi Ilmu Komputer di Amerika Serikat. Jarngan dibangun selama empat tahun. Luhukay pun mulai mengembangkan Universitas Network (Uninet) dilingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Uninet merupakan jaringan komputer dengan jangkauan lebih luas dan meliputi Universitas Indonesia, Institut Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Surabaya.

Sukses selalu, salam kenal

1 komentar:

  1. ya saya ucapakan sukses untuk dunia internet, semoga membawa kita menjadi lebih baik lagi

    BalasHapus